DI.Sangkir Kerinci 2019 Kembali Berfungsi Aliri Areal Persawahan

antonius, 04 Oct 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:
Kerinci, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan jaringan irigasi baru seluas 1 juta hektare dan merehabilitasi sekitar 3 juta hektare pada periode 2015-2019. untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional yang menjadi bagian Nawa Cita Pemerintah. 
 
Sebagai mana kenyataanya Kementrian Pekerjaan PUPR melalui balai Wilayah Sumber Daya Air Sumatera VI Jambi laksanakan Rehabilitasi Bangunan Daerah Irigasi Batang Sangkir Kabupaten Kerinci.
Menurut Eko Yudha Tusisko.ST.selaku PPK mewakili Kepala Balai BWS VI. Nurfajri.ST.SP,1 dan bidang SVNT PJPA Batang Hari, saat dikonfirmasikan melalui fia Ponselnya, oleh indonesiasatu.co.id-wartajambi.com.  membenarkan, saat ini kami melaksankan  Pekerjaan Rehabilitasi jaringan irigasi yang rusak berat,  dengan anggaran Rp 23 miliar. Bersumber dari APBN tahun anggaran 2019 dengan   Total saluran irigasi yang direhabilitasi  mencakup areal irigasi seluas 4.169 ha. Dilaksanakan oleh PT. Tuah Depangga Saki selaku Rekanan dengan konsultan supervisi CV. Afta Engineering Consultant.
 
Pada intinya Sasaran pekerjaan  Rehabilitasi ini dilaksanakan, untuk perbaikan saluran yang tidak berfungsi yang dibangun pada tahun 1980an. antara lain memfungsikan lagi saluran primer hiang sehingga mengembalikan kembali areal seluas 541 ha yang sudah lama tidak di tanam dan rehabilitasi bendung batang sangkir seluas 1.628 ha sehingga dapat mengalirkan air pada saluran yang sdah lama terputus.
Dan Pada hari ini tanggal 3 Oktober 2019 dilaksanakan running test di bendung hiang dengan hasil air dibuka 10 cm, dan air sudah sampai ke ujung saluran sepanjang 4.650 m. Bahkan  sudah dapat berfungsi untuk mengairi areaal pertanian dan air baku untuk perumahan di 4 (empat) desa yaitu Desa Hiang Tinggi, Desa Hiang Karya, dan Desa Ambai Tinggi. Dengan adanya hasil semua ini, kini Para Petani masih mengusulkan adanya saluran sekunder dari bangunan sadap 1 sampai 9 sehingga lebih daat  mengontrol penggunaan air untuk pertanian di kab.kerinci khusnya diwilayah mereka ujar,nya(doni-jis/krc)
PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu